Langsung ke konten utama

UNHEARTHLY


Judul       : Unearthly
Penulis    : Cynthia Hand
Penerbit  : Ufuk Fiction
Genre     : Romance, Angel & Fallen Angel
Kategori : Fiksi, Novel Terjemahan
Harga     : Rp 59.900,-
Tebal      : 509 Hal
Terbit     : Cetakan 1, Juni 2012


Habis baca novel Unearthly dan baru sadar setelah halaman terakhir kalau novel ini masih bersambung!. Padahal sampai bab terakhirpun masih percaya kalau itu benar-benar bab akhir (O.o);a. Tentu saja dengan jawaban dari permasalahan di novel.  Cukup mengejutkan bagi wa karena tidak bisa menduganya. Uneartly merupakan novel yang MANIS dan RENYAH (^.^)v.




Semua keturunan malaikat punya TUJUAN yang berbeda. Beberapa di antaranya pembawa pesan, sebagian jadi saksi, sebagian lagi ditakdirkan untuk menghibur, beberapa hanya melakukan sesuatu yang menyebabkan hal-hal lainnya terjadi. Semenjak mendapat penglihatan mengenai TUJUAN-nya, Clara Gardner berharap dirinya adalah pelindung. Kedengarannya asyik, bukan?.

Walaupun TUJUAN-nya belum jelas namun penglihatan tentang kebakaran hutan dan seorang pemuda membawa Clara ke sekolah baru di kota yang baru juga. Ketika Clara bertemu dengan Christian semuanya berjalan normal sampai Tucker memikat hatinya. Dunia malaikat dan keturunannya ternyata tidak sesederhana yang Clara pikirkan, diawali dengan pengetahuan akan Sayap Hitam. Kejujuran dan penghianatan, cinta dan tugas, baik dan jahat, mana yang Clara pilih?.



Review berikutnya "mungkin" mengandung SPOILER.
Lewatkan saja jika tidak suka, Ok (?) (^.~)q.


Jadi kenapa Novel Unhearthly ini MANIS?. Karena romance yang dihadirkan berjalan dengan manis. Tentu saja ada perjuangan dan kegalauan dari Clara. Penuturan Clara yang apa adanya dengan sifat remaja normal untuk seusianya di Amerika Serikat walaupun memiliki darah keturunan malaikat.

Lalu kenapa Novel Unhearthly ini RENYAH?. Karena dunia malaikat yang ditampilkan oleh Cynthia Hand merupakan modifikasi dunia malaikat yang ketahui secara umum. Istilah-istilah yang baru pertama wa dengar pun bermunculan. Dimigus yang berarti separuh malaikat dan Quartarius untuk seperempat malaikat. Para keturunan malaikat tersebut tidak terbiasa  menggunakan istilah Nephilim.  Dalam bahasa Ibrani, Nephilin berarti 'terbuang'. Para keturunan malaikat tersebut tidak menganggap diri mereka terbuang.

Ada juga para Fallen Angel yang disebut Sayap Hitam disini. Musuh yang digambarkan memiliki kesedihan atau nestapa yang mendalam, berwajah sangat rupawan dan sayap hitam legam yang berminyak. Kehadiran mereka sangat 'tipis' di novel Unhearthly ini. Tapi menarik perhatian karena penjabaran yang diungkapkan mengenai Sayap Hitam. Apa sih yang membuat malaikat menjadi Sayap Hitam disini? karena Sayap Hitam tidak menunaikan tugasnya? Berpaling?. Oke sudah jelas, tapi menurut wa ada "sesuatu" yang dramatik dari "pilihan" untuk tidak menunaikan tugas tersebut. Belum tahu "sesuatu" atau "pilihan" yang menjatuhkan itu. Ada beberapa prediksi yang wa pikirkan dan semua prediksi tersebut malah membuat wa sedikit berpihak pada Sayap Hitam. Hero tentu saja bagus namun Villain kadang lebih.... (@.@)/.

Pengetahuan yang harus dicermati lagi adalah mengenai warna sayap. Malaikat seutuhnya memiliki sayap seputih salju. Sayap Hitam tentu saja memiliki warna sayap hitam legam. Keturunan malaikat yang netral berwarna abu-abu keputih-putihan. Ada juga yang putih bersih maupun abu-abu dengan totol-totol hitam. Clara di awal memiliki warna sayap putih cenderung abu-abu dan di akhir cerita warnanya menjadi abu-abu gelap. Kenapa? baca novel Unhearthly untuk tahu penyebabnya. (^.^)/.

Ada beberapa pemuda yang diperkenalkan. Tapi fokus utama tentu saja Christian dan Tucker. Sumpah gak bisa memilih karena keduanya memiliki pesona masing-masing. Christian yang digambarkan bak dewa secara fisik dan kelakuan. Tucker yang lebih membumi dengan sifat yang asyik diajak berteman atau sebagai pacar. Menyebalkan ala wa adalah sombong dan narsis berlebihan. Selama membaca keduanya tidak menyebalkan menurut wa.  Bahkan Christian yang bak dewa! Kalau mau tahu ketidaksombongannya Christian, ayo baca novel Unhearthly ini. 

Sabar menunggu terjemahannya Hallowed (Unhearthy ke-2). Selamat bekerja kembali Ufuk Fanfiction yang kembali dari hibernasi selama setahun (*o*)v.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Spesial Thank to Skyduck. Blog dengan info cemilannya Christian dan rupa tempat-tempat di Unhearthly p(^.~).

Jolly Rancher
Altoids
                                      
Jackson Hole

Jackson Hole dengan gambar koboi.

Wyoming.

Teton Village, lokasi bermain ski.

Fox Creek, tempat penglihatan Clara.

Grand Teton.

Sunrise Grand Teton.

Snake River.




referensi:
http://skyduck.weebly.com/3/post/2013/03/book-review-unearthly-by-cynthia-hand.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Infinite Sea - Lautan Tak Bertepi (The 5th Wave, #2) by Rick Yancey

The Infinite Sea - Lautan Tak Bertepi by Rick Yancey My rating: 4 of 5 stars Sinopsis: Bagaimana cara melenyapkan miliaran manusia penghuni Bumi? Lenyapkan sisi kemanusiaan mereka. Nyaris mustahil rasanya selamat dari empat Gelombang pertama. Tetapi Cassie Sullivan berhasil, dan sekarang ia hidup di dunia baru, dunia tanpa rasa percaya pada sesama. Saat Gelombang 5 menyapu segalanya, Cassie, Ben, dan Ringer dipaksa berhadapan dengan tujuan utama para Makhluk Lain: pemusnahan umat manusia. Maka mereka pun terlibat dalam pertempuran terdahsyat: antara hidup dan mati, cinta dan benci, harapan dan kenyataan.  ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ The Infinite Sea - Lautan Tak Bertepi merupakan buku kedua (#2) dari seri The 5th Wave/Gelombang 5. Sudah diterbitkan 3 novel lengkap oleh Gramedia Pustaka. Kemudian  The 5th Wave - Gelombang 5  telah diadaptasi ke layar bioskop dengan judul yang sa

Bishounen VS Ikemen

Dear Para Bishounen dan Ikemen, Sebenarnya lagi senang nonton dorama sih. Jadi kebawa-bawa dah istilah bishounen dan ikemennya. Lalu setelah itu wa mulai bertanya ada atau tidak perbedaan makna bishounen dan ikemen, atau sama saja pengunaan kedua kata tersebut?. Sebagai dasar atau bayangan awal, keduanya adalah istilah jepang untuk menunjukkan pemuda cantik. Hayo, pemuda cantik yang seperti apa?. Wa jadi berdebar-debar sendiri nih... *LOL XD 1) (*o*)q Oke, pertama kita mulai dari asal katanya menurut wikipedia jepang. Namun, karena isi wikipedia sendiri dapat "diciptakan" oleh penggunanya dimana setiap orang dapat berkontribusi dalam penulisan dan mengubah suatu artikel berarti wikipedia bukan bahan referensi yang valid seperti buku dan lain sebagainya. Tetapi wikipedia merupakan sumber referensi yang patut diperhitungkan. Penggunaan wikipedia jepang yang ditulis oleh orang jepang memberikan kita sudut pandang dari orang jepang. Oleh karena itu, mari kita telusuri arti

The Mortal Instruments: City of Bones (Movie)

*Film adaptasi (2013) dari novel karya Cassandra Clare. Wa merasa 'ngeh' waktu melihat poster Mortal Instruments City of Bones pertama kali di tahun 2013. Wah, adaptasi dari novel nih. Lalu ingatan yang muncul selanjutnya adalah nama Jace! Padahal wa lumayan geregetan sama Jace yang sombong itu alias bukan karakter favorit ;'D. Kemudian keingat 3 novelnya yang wa baca dari pinjaman teman beberapa tahun lalu. Terakhir menetapkan hati untuk menonton filmnya di bioskop. Ternyata rencana cuma rencana karena sibuk, film The Mortal Instruments: City of Bones lewat tanpa wa tonton... Di awal bulan tahun 2015 ini, akhirnya wa nonton film The Mortal Instruments: City of Bones juga. Dari posternya sih wa tidak ekspektasi berlebihan mengenai adaptasi novel yang benar-benar 'wow' seperti film Hunger Games yang memang memuaskan pembaca novelnya. Secara plot cerita tidak ada masalah bagi wa. Lupa-lupa ingat juga cerita novelnya *plak ;P. Kalau visualnya dapetlah, wa su